Skip to main content

Antara Doa,Ikhtiar dan Tawakal



Doa, Ikhtiar dan Tawakal



google source
Saat kita berdoa sebenarnya kita sedang mengakses sumber energi yang luar biasa. Dengan berdoa sebenarnya kita sedang “meminjam” kekuatan Tuhan. Dan dengan berusaha setelah berdoa kita sedang menyediakan “media” agar kekuatan-kekuatan tersebut bekerja. 

Tuhan tidaklah bekerja seperti yang ditampilkan dalam sinetron-sinetron keagamaan yang banyak menjamur di berbagai stasiun televisi.

Tuhan tidaklah menurunkan solusi terhadap permasalahan kita “langsung dari langit”. Tuhan selalu menunjukkan kehadirannya dalam peristiwa-peristiwa yang biasa, dengan cara-cara yang biasa, melalui orang-orang yang biasa pula. Tuhan menghadirkan kebetulan-kebetulan dalam hidup kita. 

Dalam konteks Tuhan sebenarnya tidak ada yang namanya kebetulan. Semuanya berlangsung dalam sebuah scenario besar. Skenario Tuhan.

Ketika sehelai daunpun jatuh di lauful mahfudz telah tercatat dalam KetetapanNya, apalah lagi keunikan dan keeksentrikan seseorang yang menggambarkan potensi akal, hati dan nafsunya. Lalu kembalilah ke Jalannya dengan bersusah payah atau lapang, karena mau tidak mau akhirat itu adalah ada, dan kita harus mati dulu untuk bertemu Rabb kita.

Ketika tawakal, ikhlas, sabar, qanaah telah sampai pada puncaknya, apakah seorang hamba masih membutuhkan makhluk untuk memenuhi kebutuhannya, padahal seekor burungpun telah dijamin rejekinya oleh rabbul alamin. Lalu mengapa engkau tetap bersedih dengan ketetapan rabbmu yang menjadikan engkau tidak sesempurna harapanmu. 

Ketahuilah, engkau sempurna sebagai manusia dalam fikiranmu, maka engkau akan sempurna dalam pandangan tuhan. lalu apalagi yang engkau keluhkan tentang dunia, ketika jaminan rabbmu telah pasti ketika kamu mengikhlaskan semuanya.

Belajarlah menerima ketetapan allah yang tidak bisa engkau ubah, dan berusaha maksimallah terhadap ketetapan allah yang bisa engkau ubah dan serahkan sisanya kepada rabbmu, lalu berjalanlah di muka bumi dengan kepala tegak, maka yang di langit akan mencintaimu, dan dibumi akan menghormatimu. 

Ingatlah bahwa hidup ini sudah ada yang mengatur, bekerja keraslah tapi jangan melanggar kehendak tuhan. seperti air dalam sumur yang setiap hari kita timba, toh airnya tidak pernah kering. tapi sebaliknya jika kita tidak mengambilnya, airnya tidak tumpah juga.

Tawakal adalah memperteguh kepercayaan kepada Allah tentang apa saja yang telah dijanjikannya. bagian yang telah ditakdirkan untukmu, pasti akan sampai kepadamu. apa yang menimpamu pasti akan terjadi, meski kamu berusaha menghindarinya.perkara yang ditakdirkan untukmu, pasti tidak akan sampai kepadamu, meskipun seluruh makhluk membantumu untuk mewujudkan hal itu. 

Ketika amalan dan ilmu berpadu, apalah lagi yang menghalangimu menjalankan tugas kekhalifahanmu,sehingga kloplah ayat pembuka kunci-kunci rezki dan ilmu. Arrahman.. fabiayyi ala i robbikuma Tukazziban. “Maka Nikmat Tuhan Yang Mana Lagi Yang Harus Aku Dustakan?

Wallahualam bishawab. —








source :

http://oranggowa.blogspot.co.id/p/antara-doa-usaha-ikhtiar-dan-tawakal.html

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai