Skip to main content

Materi to Give Suggestion dalam Pembelajaran Abad 21

Coretannya Ceuceu
Hai adik-adik kelas 8 Sekolah Menengah Pertama, bagaimana kabar kalian? Semoga sehat selalu dan semakin semangat dalam belajar ya. Sekarang kita akan memepelajari materi bahasa Inggris pada Bab 3 dalam Kurikulum 2013 Revisi atau dalam pembelajaran abad 21 yaitu tema We know what to do dengan sub tema to give suggestion and to state rules and obligations. Dalam kesempatan kali ini akan di sajikan materi to give suggestion terlebih dahulu.
Suggestions dapat digunakan dalam bentuk saran, solusi, rencana dan ide. Misalnya teman adik-adik sedang dalam masalah tidak bisa mata pelajaran bahasa Inggris maka adik-adik dapat menyarankannya untuk mengikuti kursus bahasa Inggris. Dibawah ini beberapa contoh saran yang di berikan guru dalam mempelajari bahasa Inggris:


When English Ring's a Bell

When English Ring a Bell


Untuk lebih memahami akan di jelaskan beberapa ekspresi yang sering digunakan dalam memberikan saran.
(Expressions of giving suggestions)
  • You should……………                    (Kamu seharusnya ……………….)
  • Let’s ……………                            ( Ayo …………)
  • Why don’t we ………………            (Mengapa kita tidak ……………..)
  • We could ……………                     (Kita bisa ……………….)
  • What about ………………..             (Bagaimana dengan …….)
  • How about …………………             (Bagaimana kalau ……………..)
  • I suggest that …………………..       (Saya menyarankan bahwa ….)
  • You might want to change ………  ( Anda mungkin ingin mengubahnya …)
  • I think ……………………                 (Saya pikir ……………)
  • I don’t think ………………              (Saya tidak berpikir …….)

Example of using Suggestions in sentences (contoh penggunaan saran dalam kalimat)                                                
  • Why don’t yo do your homework before going out? (Mengapa tidak mengerjakan PR sebelum pergi?)
  • Let's go the library. (ayo ke perpustakaan)
  • We could eat at home today. (Lita dapat makan di rumah hari ni)
  • What about eating at new place ?. (Bagaimana tentang makan di tempat yang baru)
  • I think you should go and meet her. (saya pikir kamu harus pergi dan bertemu dengan dia)
Selain beberapa ungkapan dalam memberikan saran atau suggestions, akan di pelajari tanggapan atau respond dalam memberikan sebuah saran karena kemungkinan orang tersebut menolak atau menerima saran.
Agreeing Respond Suggestions (ekspresi untuk menyetujui saran):
  • Yes, it’s a great idea. (ya ini ide bagus )
  • I agree with you. (saya setuju dengan mu)
  • That sounds great. (kedengarannya ide bagus)
  • Yes, let’s do that/it. (ya, ayo kita lakukan)
  • I think so. (saya sependapat)
  • OK! (ok!)
  • That’s right. (ya itu benar)

Declining Respond Suggestions (ekspresi untuk menolak saran):

  • No, I don’t think so. (Tidak, saya tidak sependapat tentang itu)
  • I disagree with you. (Saya tidak setuju dengan mu)
  • That’s not a good idea. (Itu bukan ide yang baik)
  • I understand your point, but I think… (Saya mengerti pendapatmu, tapi menurutku……)

Demikian penjelasan mengenai tema  Suggestions dalam pelajaran bahasa Inggris kelas 8, silahkan check artikel terkait untuk materi bahasa Inggris lainnya.

Artikel Terkait





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai