Skip to main content

What Are You Doing? : Bahasa Inggris Kelas 8 bab 8 semester 2 kurikulum 2013

 WHAT ARE YOU DOING?

Hallo sahabat Enz, semoga dalam keadaan sehat ya dan tetap semangat dalam belajar. Pada postingan ini akan melanjutkan membahas materi Bahasa Inggris kelas 8 chapter VIII semester 2 pada materi Wh-question dengan present continuous tense.  halaman 107-109 pada buku siswa kelas 8 When English Rings a Bell.

Wh-question  adalah kata tanya yang diawali dengan huruf w dan h, yaitu what, where, when, who, why, dan how. 

Untuk membuat kalimat tanya Wh-present continuous tense, kita hanya perlu meletakan salah satu kalimat atnya tersebut di awal kalimat dan meletakan kata kerja be dan subjek setelahnya. perhatikan pola kalimat berikut:

Wh question word (what, when...) + am /is / are + Subject (I, you, we...) +  verb + ing  + others

Perhatikan gambar yang ada di halaman 107-108 pada buku siswa Bahasa Inggris When English Rings a Bell untuk lebih memahami. 


What      are       you        doing, Udin?
wh-q  +  be   +    S     +   V-ing

Beni   : Apa yang sedang kamu lakukan, Udin?
Udin   : Saya sedang mengerjakan PR matematika untuk besok

Beni   : Apa yang sedang mereka lakukan?
Udin   : Mereka sedang bermain Congklak



Lina   : Apa yang sedang Siti baca?
Dayu  : Dia sedang membaca Goldilocks

Contoh kalimat-kalimat berikut yang ada pada halaman 109 dapat membantu kalian lebih memahami penggunaan kalimat tanya Wh- question dengan present continuous tense


Untuk mempermudah kalian memahami kalimat-kalimat yang ada pada tabel halaman 109, dibawah ini disertakan kalimat-kalimat dalam bahasa Indonesia.


Demikian pembahasan materi Wh- questions dengan present continuous tense pada chapter VIII halaman 107-109.

Sebagai tambahan referensi dalam materi ini untuk melatih keterampilan listening dan speaking, bisa melihat video pembelajaran berikut:



Related Post :

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai