Skip to main content

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013



It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.   



Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective)

Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait sifat orang, binatang, dan benda, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Di dalam peta sebaran materi Bahasa Inggris kelas VII, tema it’s a beautiful day memiliki alokasi waktu 20 Jam Pelajaran dengan kata lain bahwa materi pada Bab V ini di berikan dalam 10 kali pertemuan pembelajaran sehingga guru dituntut harus lebih kreatif membuat bahan ajar.

Dibawah ini ada beberapa media pembelajaran yang bisa dijadikan referensi terkait tema pada bab V dalam buku Kurikulum 2013 Edisi revisi 2016
                    
                                        














Semoga dapat memberikan inspirasi bagi Ibu dan bapak Guru dalam pengembangan bahan ajar terkait  tema It’s a beautiful day.



_______________________________________________________________
Referensi Lainnya silahkan pada Link berikut:



Comments

  1. Artikel yang menarik, yang akan lebih bermanfaat lagi bila siswanya juga dibiasakan berkunjung ke blog, sehingga mereka juga bisa membaca sekaligus mendalami materinya selain hanya yang ada dibuku pelajaran mereka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih Pak Dian Kelana..Alhamdulilah selalu termotivasi untuk memperbaiki menjadi terbiasa dalam menulis..

      Siap..Insyaalloh saya berusaha mengintegrasikan proses pembelajaran dengan menggunakan media ICT supaya peserta didik lebih tertarik dalam proses pembelajaran.

      Delete
  2. Terima kasih atas informasinya.. sangat membantu

    ReplyDelete
  3. thanks for sharing. ijin download gambar2nya. makasih

    ReplyDelete
  4. thanks for sharing ...
    meskipun kelas satu smp tapi susah juga ngajarinnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are