Skip to main content

WH Questions: Pengertian, Jenis, Fungsi, Rumus dan Contoh Kalimat WH Question

WH Questions: Pengertian, Jenis, Fungsi, Rumus dan Contoh Kalimat WH Question




WH-Question adalah pertanyaan yang digunakan untuk meminta informasi. Ada dua jenis pertanyaan yaitu pertanyaan Yes / No  dan pertanyaan Wh. Pertanyaan Wh disebut demikian karena dengan perkecualian kata pertanyaan BAGAIMANA atau HOW, semua pertanyaan dimulai dengan huruf Wh (kata WH) seperti what, when, where, who, which, whom, why, dan how.

Rumus WH Questions
Untuk membentuk sebuah pertanyaan WH Question ada rumus yang diperlukan agar kalimat menjadi masuk akal dan sesuai dengan kaidah grammar yang berlaku. Berikut ini adalah rumus dari wh questions.
 WH + AUXILIARY VERB (to be, do, have) + SUBJECT + MAIN VERB + ?

dan  

WH + MODAL AUXILIARY (can, could, will, would, shall, should, may, might, must) + SUBJECT + MAIN VERB +?

Jenis-Jenis WH Question

1. What (Apa) 

 What digunakan untuk menanyakan informasi dari suatu hal
 Contoh kalimat: 
  • What is your name? (siapa namamu?)
  • What do you want from me? (apa yang kamu inginkan dariku?)
  • What are you doing? (apa yang kamu lakukan?)
  • What should I do? (apa yang harus aku lakukan?)

2. When (kapan)
When digunakan untuk menanyakan waktu suatu acara atau kegiatan.
Contoh Kalimat:
  • When does the bus arrive? (Kapan bisnya sampai?)
  • When does the train from Yogyakarta arrive? (kapan kereta dari yogyakarta tiba?)
  • When will the class end? I'm so boring (kapan kelasnya berakhir? aku sangat bosan)
  • When will you marry me? (kapan kamu akan menikahiku?

3. Where (dimana)
Where digunakan untuk menanyakan lokasi atau tempat.
Contoh Kalimat:
  • Where is your home? (dimana rumahmu?)
  • Where are your parents? (dimana orang tuamu?)
  • Where is my bag? (dimana tasku?)
  • Where are you now? (dimana kamu sekarang?)
4. Who (siapa)

Who digunakan untuk menanyakan orang.
Contoh kalimat:
  • Who is that girl? (siapa perempuan itu?)
  • Who is your favorite artist? (siapa artis kesukaanmu?)
  • Who is the most famous singer in Indonesia? (siapa penyanyi yang paling terkenal di Indonesia?)
  • Who are your parents? (siapa orang tuamu?)
5. Whom (dengan siapa)
Whom digunakan untuk menanyakan orang, dimana orang yang dimaksud tersebut merupakan objek dari kalimat. Atau bisa disebut juga bahwa orang yang disebut itu menerima aksi.
Contoh Kalimat:
  • Whom are you going to meet? (dengan siapa kamu akan bertemu?)
  • Whom will you marry with? (dengan siapa kamu akan menikah?)
  • Whom did you see? (siapa yang kamu lihat?)
  • Whom would you suggest for the job? (siapa yang akan Anda sarankan untuk pekerjaan itu?)
  • Whom did they invite? (siapa yang mereka undang?)

6. Which (yang mana)
Which digunakan untuk menanyakan dari kepastian sebuah pilihan diantara orang, benda, atau hal.
Contoh Kalimat:
  • Which one is the most delicious? (yang mana yang lebih enak?)
  • Which dress is better for me? (gaun yang mana yang lebih baik untukku?)
  • Which group do you join in? (kelompok yang mana kamu bergabung?)
  • Which house is yours? (yang mana rumah milikmu?)
  • Which color do you want? (warna mana yang kamu inginkan?)
  • Which author do you enjoy?(penulis mana yang Anda sukai?)
  • Which book are you looking for? buku mana yang Anda cari?)

7. Whose (punya siapa)
 Whose digunakan untuk menanyakan orang mana yang memiliki sesuatu (possessive)
 Contoh Kalimat:
  • Whose car is that? (mobil siapa itu?)
  • Whose turn is this? (giliran siapa ini?)
  • Whose bag is it? (tas siapa itu?)
  • Whose house is this? (rumah siapa ini?)
  • Whose turn is it to deal?  (giliran siapakah yang akan ditandatangani)
  • Whose keys are on the kitchen counter? (kunci siapa yang ada di meja dapur?)
  • Whose book is on the table? (buku siapa diatas meja?)
  • Whose idea is it? (ide siapa itu?)
8. Why (kenapa)
Why digunakan untuk menanyakan alasan.
Contoh Kalimat: 
  • Why do you love me, tania? (kenapa kamu mencintaiku?)
  • Why do you hate cats? (kenapa kamu membenci kucing?)
  • Why do you happy today? (kenapa kamu bahagia sekarang?)
  • Why does the rain not stop for a while? (kenapa hujan tidak berhenti sebentar saja?)
  • Why do you say that?
  • Why did Alex leave?
  • Why are they always late?
  • Why do you dislike him so much?
9. How (bagaimana)
How digunakan untuk menanyakan bagaimana cara sesuatu dapat dilakukan.
Contoh Kalimat:
  • How did you meet your best friends? (Bagaimana kamu menemui teman baikmu?)
  • How to make cheesecake? (Bagaimana cara membuat kue keju?)
  • How to turn on the phone? (Bagaimana cara menyalakan telepon?)
  • How does the computer work? (Bagaimana komputer bekerja?)
  • How does this work? (bagaimana cara kerjanya)
  • How was your exam? (bagaimana ujianmu?)
10. How Many? (seberapa banyak?)
How many digunakan untuk menanyakan seberapa banyak jumlah dari sesuatu yang bisa dihitung (countable noun).
Contoh Kalimat :
  • How many rabbits in the cage? (ada berapa banyak kelinci di kandang?)
  • How many times do you clean your toilet in a month? (berapa kali kamu membersihkan toilet dalam sebulan?)
  • How many stars you can count in the sky? (berapa banyak bintang yang kau bisa hitung di langit?)
  • How many red clothes do you have? (berapa banyak baju merah yang kamu milikki?)

11. How Much?
How much digunakan untuk menanyakan jumlah dari sesuatu yang tidak bisa dihitung (uncountable noun)
Contoh Kalimat:


  • How much money do you have? (berapa banyak uang yang kamu punya?)
  • How much sugar we should buy? (berapa banyak gula yang harus kita beli?)
  • How much stars in the sky? (berapa banyak bintang di langit?)
  • How much salt do we have in the kitchen? (seberapa banyak garam yang kita punya di dapur?)
  • How much money do you have? (berapa banyak uang yang Anda miliki?)
  • How much did you pay for the tickets? (berapa banyak yang anda bayar untuk tiketnya?)

12. How Long (seberapa lama)
How long digunakan untuk menanyakan durasi dari waktu.
Contoh Kalimat:


  • How long do you go to school? (seberapa lama kamu pergi ke sekolah?)
  • How long did you take the way? (seberapa lama perjalanannya?)
  • How long the football match lasts? (berapa lama pertandingan bola berlangsung?)
  • How long will you be in Japan? 9berapa lama Anda akan berada di Jepang?)
  • How long have you been married? (sudah berapa lama Anda menikah?)

13. How Far (seberapa jauh)

How far digunakan untuk menanyakan seberapa jauh jarak yang ditempuh.
Contoh Kalimat:


  • How far is that to go to yogyakarta by train? (seberapa jauh itu jika ke jogjakarta naik kereta?)
  • How far do you understand the lesson? (seberapa jauh kamu mengerti pelajaran ini?)
  • How far will you love me? (seberapa jauh kau akan mencintaiku?)

14. How Often? (seberapa sering?)

How often digunakan untuk menunjukan intensitas dari kebiasaan seseorang.
Contoh kalimat:
  • How often you go to school in a month? (seberapa sering kamu pergi ke sekolah dalam sehari?)
  • How often you eats junk food in a week? (seberapa sering kamu makan makanan sampah dalam seminggu?)
  • How often we go pray jum'at? (seberapa sering kita pergi solat jum'at?)
  • How often do you clean your bedroom? (seberapa sering kamu membersihkan kamarmu?)
  • How often do you use the bus? (seberapa sering Anda menggunakan bus?)



Demikianlah Pembahasan Materi Bahasa Inggris tentang WH-Questions, Mohon maaf bila ada kesalahan. semoga bermanfaat. atas kunjungannya saya ucapkan terimakasih selamat belajar dan semoga sukses.




Klik Disini Untuk Baca 100 Contoh Kalimat Simple Present Tense Beserta Penjelasannya
Klik Disini Untuk Baca Mudahnya Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris
Klik Disini Untuk Baca Penulisan Olahraga yang Baik dan Benar

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai