Skip to main content

Mudahnya Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris


Mudahnya Memperkenalkan Diri dalam Bahasa Inggris


Tak kenal maka tak sayang. Secara teoretis, perkenalan memiliki arti sebagai bentuk ungkapan atau ekspresi yang dapat digunakan untuk membut orang lain tahu akan siapa diri kita. Dalam Bahasa Inggris, perkenalan disebut dengan introduction.

Memperkenalkan diri dalam bahasa Inggris untuk orang yang baru dikenal bisa rumit karena apa yang Anda katakan tergantung pada konteks, dan situasi. 

Di bawah ini adalah daftar frasa umum tentang cara memperkenalkan diri dengan percaya diri dalam Bahasa Inggris yang harus Anda pelajari.

Introduce Yourself: Name 

Question: 

  • What’s your name? 
  • Siapa nama Anda?

Answer: 
  • My name is …/ I’m …
  • My full/ first/ last name is …
  • You can call me …/ They call me …/ Please call me …/ Everyone call me …
  • My nickname is …

  • Nama saya ... / Saya ...
  • Nama lengkap / pertama / belakang saya adalah ...
  • Anda bisa memanggil saya ... / Mereka memanggil saya ... / Silakan panggil saya ... / Semua orang memanggil saya ...
  • Nama panggilan saya adalah …


Introduce Yourself: Country

Question:
  • Where are you from?/ Where do you come from?
  • Where were you born?

  • Anda berasal dari mana? / Dari mana Anda berasal?
  • Dimanakah kamu lahir?
Answer:
  • I’m from …/ I come from …/ My hometown is …/ I’m originally from … (country)
  • I’m … (nationality)
  • I was born in …

  • Saya dari .../ Saya datang dari ... / Kampung halaman saya adalah ... / Saya berasal dari ... (negara)
  • Saya ... (kebangsaan)
  • Saya lahir di …

Introduce Yourself: Address

Question: 
  • Where do you live?/ What’s your address?
  • Di mana Anda tinggal? / Apa alamat Anda?

Answer:
  • I live in … / My address is … (city)
  • I live on … (name) street.
  • I live at …
  • I spent most of my life in …
  • I have lived in … for/ since …

  • Saya tinggal di ... / Alamat saya adalah ... (kota)
  • Saya tinggal di ... (nama) jalan.
  • Saya tinggal di …
  • Saya menghabiskan sebagian besar hidup saya di ...
  • Saya telah tinggal di ... untuk / sejak ...

Introduce Yourself: Age

Question: 
  • How old are you?
  • Berapa usia kamu?

Answer:
  • I’m … years old.
  • I’m …
  • I’m almost …
  • I am around your age.
  • I’m in my early twenties/ late thirties.

  • Umur saya ... tahun.
  • Saya …
  • Saya hampir ...
  • Saya seusiamu.
  • Saya berusia awal dua puluhan / akhir tiga puluhan.

Introduce Yourself: Family

Questions:
  • How many people are there in your family?
  • Who do you live with?/ With whom do you live?
  • Do you have any siblings.

  • Berapa banyak orang yang ada dalam keluarga Anda?
  • Dengan siapa kamu tinggal? / Dengan siapa kamu tinggal?
  • Apakah Anda memiliki saudara kandung.

Answer:
  • There are … (number) people in my family. They are …
  • There are … (number) of us in my family.
  • My family has … (number) people.
  • I live with my …
  • I am the only child.
  • I don’t have any siblings.
  • I have … brothers and … (number) sister.

  • Ada ... (jumlah) orang di keluarga saya. Mereka …
  • Ada ... (jumlah) kita di keluarga saya.
  • Keluarga saya memiliki ... (jumlah) orang.
  • Saya tinggal dengan ...
  • Saya anak satu-satunya.
  • Saya tidak punya saudara kandung.
  • Saya memiliki ... saudara laki-laki dan ... (nomor) saudara perempuan.

Introduce Yourself: Birthday/ Phone number

Question:
  • What is your date of birth?/ When is your birthday?
  • What is your phone number?

  • Apa tanggal lahir Anda? / Kapan ulang tahun Anda?
  • Berapa nomor telepon anda?

Answer:
  • My birthday is on …
  • My phone number is …

  • Ulang tahunku pada …
  • Nomor telepon saya adalah …


Klik Disini Untuk Membaca 100 Contoh Kalimat Simple Present Tense Beserta Penjelasannya
Klik Disini Untuk Membaca Cara Berbicara Bahasa Inggris Dengan Fasih: 50 Tips Mudah!
Klik Disini Untuk Membaca 10 Idiom bahasa Inggris beserta arti dan contohnya

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai