Skip to main content

Menulis Recount Text

Recount Text 


Dalam mempelajari jenis-jenis teks dalam bahasa Inggris, kita semua mengetahui bahwa bentuk recount teks memiliki bentuk yang beragam. Dimulai dari teks narasi, teks deskripsi, teks recount, hingga teks anekdot. Dari sekian banyak teks yang bisa kita pelajari, dalam tulisan kali ini akan lebih berfokus kepada teks recount atau recount text dalam bahasa Inggris.

What is a recount text?

Recount text merupakan salah satu jenis teks dalam belajar bahasa Inggris yang memiliki fungsi untuk menceritakan kembali kejadian atau pengalaman yang terjadi di masa lalu. Recount text mencakup apa yang terjadi, siapa yang terlibat, dimana terjadinya, kapan terjadinya dan mengapa hal tersebut terjadi.

Recount text bertujuan untuk memberi tahu tentang sebuah cerita atau peristiwa. Recount text biasanya diceritakan sesuai urutan kejadian. Recount text dapat berupa:
  • Personal recount, Personal recount adalah recount text yang berfungsi menceritakan tentang pengalaman pribadi   penulis.
  • Factual recount, Factual recount adalah recount text yang berfungsi untuk menyajikan laporan peristiwa yang benar-benar terjadi, seperti laporan percobaan ilmu pengetahuan ataupun laporan kepolisian.
  • Imaginative, Imaginative adalah jenis recount text yang berfungsi menyajikan sebuah cerita imaginatif. Lalu menuliskan peristiwa atau kejadian yang telah terjadi. 

Structure of a recount text 

Teks recount yang terstruktur dengan baik mencakup secara detail mengenai kejadian atau topik dan pendapat pribadi. 
Teks recount tertulis sering dimulai dengan judul sedangkan surat  biasanya tidak memiliki judul (title). Teks recount lisan mungkin memiliki judul jika diucapkan dalam bentuk presentasi. Jika hanya berbicara dengan teman, judul biasanya tidak diperlukan. 
  1. Orientation, memperkenalkan tentang topik atau kejadian. Pada paragraf ini menceritakan siapa, apa, di mana, kapan, mengapa dan bagaimana caranya. 
  2. Eventsmenceritakan urutan peristiwa (sequence of event). Di sinilah teks recount diceritakan dalam urutan kronologis (urutan peristiwa itu terjadi). 
  3. Reorientation, pada paragraf terakhir yaitu kesimpulan (conclusion) adalah tempat penulis atau pembicara dapat memberikan pendapat pribadi tentang topik atau kejadian tersebut. Penulis atau pembicara juga dapat berkomentar tentang bagaimana kejadian atau topik tersebut dapat mempengaruhi hal-hal lain di masa depan. 

Characteristics of recount text

Pada saat menulis sebuah recount text, pastikan ciri-ciri berikut terdapat pada tulisan Anda.
  • Menggunakan kalimat past tense
      Contoh: I spent my summer in Yogyakarta and I was very happy.
  • Menggunakan action verbs
          Contoh : spent, went, brought, took, dll
  • Menggunakan adverb dan adverbial phrase untuk mengungkapkan waktu, tempat dan cara.
          Contoh : last month, in Malang, lately, dll
  • Menggunakan conjunction dan time connectives untuk mengurutkan peristiwa atau kejadian.
          Contoh: and, or, after that, dll
Example of recount text

Practice writing recount text 

Mari berlatih membuat teks recount dengan memilih salah satu tema di bawah ini dan pergunakan scaffold untuk memudahkan dalam penulisan teks recount.


Related Post:

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai