Skip to main content

EKSOTISME PARIWISATA 'SURADE' SUKABUMI


EKSOTISME 'SURADE'




Selain Geopark ciletuh, Sukabumi tempat wisata yang eksotis ternyata di kecamatan Surade bisa ditempuh dengan jarak sekitar 99 km dari Kota Sukabumi. Melintasi jalan berkelok di perbukitan menjadikan suasana perjalanan seperti halnya perjalanan wisata, dengan pemandangan bukit teh, pinus dan perkebunan lainnya di sepanjang jalan. Jarak lurus dari Kota Sukabumi ke Kecamatan Surade diperkirakan sekitar 30 km, menjadi tiga kali lipat jaraknya dengan keadaan jalan yang berkelok.
Sebagian besar wilayah Kecamatan Surade adalah areal pertanian, persawahan dan perkebunan. Mayoritas penduduk bekerja sebagai petani, sebagian lainnya banyak yang bekerja di kota besar seperti Jakarta, Bandung, Sukabumi, Dan lain lain.
Untuk hal pendidikan, di Kecamatan Surade terdapat sekolah mulai dari sekolah dasar sampai tingkat perguruan tinggi. Beberapa sekolah menengah, merupakan sekolah plus pesantren seperti Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah, maupun beberapa Pondok Pesantren. Akan tetapi untuk mereka yang menginginkan pendidikan lebih luas banyak di antara penduduk menyekolahkan anaknya di daerah Kota Sukabumi untuk tingkat SLTA, dan tidak sedikit yang bersekolah di wilayah Jakarta dan Bandung untuk tingkat Perguruan Tinggi.
Agama yang dianut penduduk di Kecamatan Surade 100% adalah Islam. Banyak terdapat pesantren di wilayah ini. Secara keseluruhan, anak anak yang sudah menginjak Sekolah Dasar, biasanya diwajibkan oleh orang tuanya mengikuti pengajian di pesantren, baik untuk belajar alQur'an maupun Hadits. Banyak Kiai dan Ustadz di daerah ini, beberapa diantaranya adalah KH Badri Satibi, M Ade Basuni, dan KH Zaelani.
Pada era saat ini, banyak Warga kecamatan surade yang cukup berhasil, tercatat banyak yang menduduki posisi penting di Dinas Kabupaten sukabumi, maupun bekerja di perusahaan perusahaan nasional maupun multinasional.
source: http://www.indahnyaperjalanan.com/2015/01/curug-cigangsa-sukabumi.html

Bedekatan dengan Kecamatan Surade, banyak dijumpai wahana wisata di antaranya Wisata Pantai, Wisata Air Terjun, Dayung dan Sungai, dan lain lain. Salah satu air terjun yang terkenal adalah "Curug Luhur Cigangsa"
Nama lain Curug Cigangsa adalah Curug Luhur. Curug Cigangsana ini diambil dari nama Eyang Gangsa, selain itu juga tempat ini semasa penjajahan Belanda kerap kali dijadikan persembunyian para pejuang. Terletak di Dusun Batusuhunan, Desa Surade, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Propinsi Jawa Barat. Curug Cigangsana dapat ditempuh melalui pertigaan tugu kota surade. 

source: http://www.indahnyaperjalanan.com/2015/01/curug-cigangsa-sukabumi.html

Curug ini terdiri dari tiga tingkatan dan diperkirakan terbentuk akibat gempa yang cukup kuat sehigga mengakibatkan longsor. Curug ini memiliki debit air yang kecil, hal ini dikarenakan di bagian hulunya dibendung untuk keperluan irigasi. keunikan Curug Cigangsa adalah dinding batunya berwarna kehitaman sebagai landasan air mengalir. di curug cigangsana ini pengunjung dapat menikmati keindahan curug dari dua arah, yaitu atas dan bawah.

source:http://www.indahnyaperjalanan.com/2015/01/curug-cigangsa-sukabumi.html

Bila ingin menikmati keindahan dari bawah tebing harus menuruni lereng yang cukup curam dengan kondisi jalan yang licin dan becek. Waktu yang dibutuhkan untuk turun ke bawah sekitar 20 menit. Setelah sampai di bawah Curug Cigangsa seketika itu pula rasa capek pun hilang karena pemandangan alam yang sangat indah dan menyejukan mata.




Referensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Surade%2C_Sukabumi#Wahana_wisata
http://www.indahnyaperjalanan.com/2015/01/curug-cigangsa-sukabumi.html

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai