Skip to main content

AWSOME’ DI HARI PERTAMA TWC BATCH 6

Libur panjang telah tiba….. horeeeee!!!! Senangnya hatiku…. Berbagai acara liburan pun telah ku rancang sedemikian menariknya, dan jiwa sosmedku pun langsung tertantang untuk mengupload acara liburan akhir tahun. Setelah menelusuri beberapa beranda akhirnya mataku tertuju di sebuah beranda dengan tulisan Teacher Writing Camp Batch 6, semakin tertariklah dengan apa yang di tawarkan dalam kegiatan TWC dengan harapan aku mampu menulis dan bisa menginspirasi bagi oranglain.

Disaat semua orang menikmati waktu libur panjang, disaat semua orang memanfaatkan quality timenya bersama keluarga dan orang terkasih namun aku putuskan untuk mengikuti Teacher writing camp selama 3 hari di Wisma UNJ.
Di hari pertama kegiatan TWC ada perasaan yang berbeda yang aku rasakan, nyaliku semakin kuat kurasakan untuk mampu menghasilkan sebuah tulisan, “ya, aku mau belajar menulis” semangatku tumbuh dengan dengan semua motivasi dan ilmu yang diberikan di hari pertama.

Sesi pertama dimulai dengan perkenalan diri dari setiap peserta yang berasal dari berbagai daerah, luarbiasa sekali disaat mengetahui background para peserta ada Bunda Yuzelma berasal dari Riau dan sudah menuliskan sebuah buku berjudul “Cik Gu A to Z”, ada Ibu Nuraeni yang berprofesi sebagai Pengawas di Kota Cianjur, dan banyak lagi ibu bpak guru peserta lainnya yang memiliki semangat luarbiasa hebat.

Setelah acara perkenalan dilanjutkan dengan materi pertama yang disampaikan oleh Bunda Siti Amalia yang memberikan motivasi tentang “Menjadi Guru Inspiratif Dengan Menulis”, dari judulnya saja sudah sangat menginspirasi bagi ku dan terbukti disaat Bunda Siti amalia memaparkan materi dengan “4 kunci dalam menulis” yaitu; praying, Just write, reading a lot dan Discussion tentunya dengan sabar dan ikhlas untuk melakukannya. Pemaparan beliau ini sangat membantu ku untuk memulai menulis “one day one note” sebagai awal dalam membiasakan gerakan literasi yaitu menulis.
Sesi dari pemateri kedua yaitu “Cara Kreatif Menulis Buku” disampaikan oleh seorang penulis ternama yang salah satu buku nya yaitu “pesan dari langit” beliau adalah Pak Awang Surya. Beberapa pengalaman beliau yang sangat menginspirasi dipaparkan dengan jelas mulai dari; 1. Jangan pernah khawatir degan pendapat orang; 2. Banyak membaca supaya ide menulis menjadi luas;3. Banyak bersilahturahmi karena terkadang ide cerita itu bisa saja datang disaat waktu dan situasi yang tak disangka.

Materi yang luar biasa kerennya disampaikan dihari pertama ini yaitu “Public Speaking For Writing” oleh Founder Motivator Pendidikan yaitu Pak Namin AB Ibnu Solihin dimana semua peserta diberikan kesempatan untuk bisa menjadi seorang MC yang baik, Keren kan! iya luar biasa sekali materinya karena seorang guru pun wajib memiliki kemampuan yang baik untuk tampil di depan audience. Kenapa seorang guru wajib menguasai skill dalam Publik speaking? Tentunya guru memiliki audience yang harus di hadapi setiap harinya yaitu para peserta didik.

Disetiap selesai materi di selingi dengan kegiatan Ice Breaking dimulai dari melatih konsentrasi dan bagaimana cara merileksasikan tubuh supaya kembali konsentrasi dalam mengikuti kegiatan yang di bimbing oleh Tim DPF. Sesi materi selanjutnya yaitu materi yang disampaikan oleh pak Sony lalengka dan Pak Sudarma tentang “Jurnalisme Warga sebagai wadah Pendidikan Warga” dan “Menjadi Guru Kaya Dengan Menulis” Cara praktek menulis yang dipaparkan dengan istilah belanja informasi dan mengolah informasi sebagai modal awal untukku dalam menulis. Dan materi terakhir yang diberikan oleh Mis Juli memberikan pengetahuan baru tentang bagaimana “Cara menulis kreatif di blog”

Nah, saatnya sesi Contest Menulis 1 yang wajib di lakukan oleh semua peserta dengan tema “Menulis bebas tentang kegiatan TWC di hari pertama” Wow….. Uji kemampuan tentang menulis nih buat peserta dan buat ku ini adalah pengalaman pertama menulis. Seperti Moto nya Pak Wijaya kusumah (Om Jay) yaitu “menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi” Alhamdulilah dihari pertama mendapatkan ilmu yang luar biasa hebat, trimakasih Tim TWC.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai