Skip to main content

50 Cara Jitu Meningkatkan Vocabulary Dengan Cepat Dan Mudah

Bagaimana Cara Meningkatkan Kosa Kata Bahasa Inggris?





Apakah Anda ingin belajar cara meningkatkan kosakata  Anda dalam bahasa Inggris?

Apakah Anda ingin mempelajari kata-kata baru dalam bahasa Inggris dengan cepat dan efisien?

Di sini kita akan menjelaskan bagaimana cara meningkatkan kosa kata bahasa Inggris Anda.


1. Baca, baca, baca — dan dengarkan!

Membaca karya sastra, surat kabar, dan novel akan memaparkan Anda pada kata-kata yang tidak akan Anda temui dalam percakapan sehari-hari. Dengan cara yang sama, mendengarkan berita, dan bahkan buku audio dapat sangat meningkatkan kosakata Anda.

2. Lacak kemajuan pembelajaran kosa kata Anda dengan ponsel Anda, atau buku

Melacak kosakata yang telah Anda pelajari adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa Anda membuat kemajuan. Ini juga akan membuat Anda termotivasi untuk terus belajar kata-kata baru.

3. Punya kata hari ini

Ada kalender, aplikasi, dan bahkan situs web yang akan memberi Anda kata kosa kata baru setiap hari untuk membuat daftar kosa kata Anda bertambah seiring waktu.

4. Memiliki daftar kosa kata di dinding (di rumah atau kantor)

Menyimpan daftar kosakata di sekitar Anda di mana pun Anda berada akan memastikan bahwa Anda mengingat kata-kata baru.

5. Mainkan game!

Permainan kata bisa menyenangkan, dan pada saat yang sama cukup mendidik. Jadi, mainkan puzzle, kata jumble, Scrabble, dan anagram untuk mempelajari kata-kata baru dengan cara yang menyenangkan.

6. Memiliki kamus dan tesaurus di sekitar Anda

Ketika Anda dapat menemukan arti kata-kata baru dengan mudah dengan kamus atau tesaurus, Anda dapat belajar menggunakan kata-kata baru yang Anda dengar atau lihat.

7. Berlatih!

Setelah Anda mendengar atau membaca kata kosa kata baru, jangan berhenti untuk mengetahui apa artinya; coba gunakan dalam kalimat, lebih baik dalam percakapan.

8. Mulai blog

Memulai blog tidak pernah semudah ini, dan memiliki alasan untuk menulis dalam bahasa Inggris  setiap hari dengan memiliki blog pasti akan menghasilkan peningkatan kosakata Anda dari waktu ke waktu.

9. Terjemahkan kata-kata ke dalam bahasa Anda sendiri

Ketika Anda mencoba menerjemahkan kata-kata kosa kata ke dalam bahasa Anda sendiri, kata-kata itu lebih cepat dikomisikan di pikiran Anda. Anda juga akan belajar menggunakannya dengan lebih baik.

10. Pelajari tentang budaya Inggris (dan Amerika)

Ketertarikan pada budaya negara-negara berbahasa Inggris, daripada bahasa saja, dapat sangat meningkatkan minat Anda pada bahasa dan membantu Anda menguasai kosa kata bahasa Inggris lebih cepat.

11. Coba kuis kosakata

Saat Anda menguji diri sendiri, Anda akan tahu apakah Anda membuat kemajuan atau tidak. Itulah sebabnya kuis kosakata dapat sangat membantu ketika belajar kosa kata bahasa Inggris.

12. Gunakan siaran berita bahasa Inggris dan sumber daya lainnya untuk mendengar kata-kata baru dalam konteks

Saat Anda mendengarkan orang-orang yang pandai berbahasa Inggris menggunakan bahasa tersebut, Anda akan menguasai bagaimana kosakata digunakan lebih cepat.

13. Berkorespondensi dengan teman pena bahasa Inggris

Memiliki teman bahasa Inggris yang Anda ajak berkorespondensi dapat sangat meningkatkan keterampilan bahasa Inggris Anda dan kosa kata berdasarkan bahasa yang ia gunakan.

14. Tulis kata-kata baru

Setiap kali Anda mendengar atau membaca kosakata baru, tuliskan. Ini membuatnya lebih mudah diingat di masa depan. Ini juga cara yang bagus untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris Anda.

15. Gunakan gambar

Gambar dapat sangat meningkatkan seberapa cepat Anda mempelajari dan menghafal kata-kata baru. Jadi, cobalah untuk mempelajari kata-kata dan gambar kosa kata yang terkait dengannya.

16. Belajar dengan orang lain

Ada orang lain yang tertarik mempelajari kosakata bahasa Inggris baru seperti Anda. Anda dapat bergabung dengan mereka dan mempelajari kata-kata ini dengan lebih cepat, dan mengekspos diri Anda pada kosakata yang tidak akan Anda temukan sendiri.

17. Jangan takut

Kata-kata besar bisa menakutkan, tetapi Anda harus bersemangat untuk mempelajarinya dan berusaha menggunakannya jika Anda ingin memperluas kemampuan bahasa Inggris Anda.

18. Kaitkan kata baru yang Anda pelajari dengan orang dan acara

Teknik ini akan memastikan bahwa Anda mengingat kata dan cara menggunakannya dengan lebih baik dalam konteks terkait.

19. Gunakan kata-kata baru dalam kalimat lain

Ketika Anda belajar banyak kata-kata baru, cobalah membuat kalimat dengan mereka sehingga mereka tetap. Ini juga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda ketika Anda menggunakannya di masa depan.

20. Pelajari akar kata-kata

Banyak kata-kata bahasa Inggris yang berasal dari bahasa Latin, Yunani, atau Jerman, dan mempelajari bagaimana kata-kata itu diciptakan dapat sangat meningkatkan seberapa baik Anda memahami dan menggunakannya di masa depan.

21. Pelajari bagan pembentukan kata

Menggunakan grafik pembentukan kata adalah cara yang bagus untuk menjaga motivasi belajar kata-kata baru.

22. Ulangi kata setidaknya 7 kali untuk mengingatnya

Pengulangan melakukan hal-hal ke memori jangka panjang. Jadi untuk menghindari lupa kosa kata baru yang baru saja Anda pelajari, pastikan Anda mengulangi kata-kata setidaknya 7 kali untuk daya ingat yang lebih besar.

23. Buat tema kosa kata

Cobalah membuat kosakata seputar tema tertentu. Ini akan meningkatkan daya ingat kata-kata tersebut secara signifikan.

24. Ketahui bagian kata-kata

Memahami bagian-bagian kata yang berbeda dapat membantu Anda menemukan kata-kata kosa kata dan artinya secara lebih intuitif, yang akan meningkatkan seberapa baik Anda memahami dan menggunakannya dalam percakapan.

25. Belajar kosa kata baru melalui cerita, lagu, dan film berbahasa Inggris

Ini adalah cara yang menarik untuk meningkatkan kosakata bahasa Inggris Anda. Dengan tertarik pada lagu, film, dan cerita bahasa Inggris, Anda dapat belajar banyak kosakata baru dengan cara yang menyenangkan dan menarik.

26. Buat daftar kata antonim dan sinonim

Ketika Anda menemukan kata yang ingin Anda pelajari lebih lanjut, buatlah daftar sinonim dan antonim untuknya. Ini akan mengarahkan Anda untuk menemukan kosakata baru dan memastikan bahwa Anda mempelajari kosakata baru dengan lebih baik.

27. Pelajari awalan dan sufiks

Awalan datang sebelum kata-kata, dan sufiks setelah kata-kata. Banyak kata yang dibuat dengan menambahkan bagian kata ini. Jadi belajar lebih banyak tentang mereka bisa sangat membantu dalam membuat proses belajar kosa kata lebih mudah.

28. Gunakan kartu flash

Kartu flash dapat membantu Anda mempelajari kata-kata baru, karena menyenangkan untuk digunakan.

29. Beri diri Anda kata-kata mingguan untuk digunakan

Setiap minggu, miliki daftar kata-kata kosakata baru yang ingin Anda gunakan. Ini akan meningkatkan kosakata Anda dari waktu ke waktu.

30. Gunakan situs web kamus

Situs web kamus sangat bagus karena selain memberi tahu Anda arti kata, Anda akan sering menemukan banyak contoh tentang bagaimana kata-kata tersebut digunakan sehingga Anda dapat menguasai konteksnya dengan lebih baik.

31. Tuliskan penjelasan kata dalam bahasa Inggris

Tanpa mengetahui artinya, Anda tidak dapat menggunakan kata baru dengan benar. Jadi, pastikan Anda menuliskan arti dari setiap kata yang Anda pelajari sehingga Anda benar-benar dapat menggunakannya dengan benar ketika ada kesempatan.

32. Saat menonton video dalam Bahasa Inggris, hidupkan subtitle

Saat Anda menonton video dengan subtitle, Anda akan lebih fokus pada bahasa yang digunakan, yang akan membuat Anda mempelajari kata-kata baru dan konteksnya dengan lebih baik.

33. Nikmati diri Anda dengan kata-kata yang Anda pelajari

Jangan biarkan belajar kata-kata baru menjadi tugas. Cobalah membuat proses itu menyenangkan dengan cara Anda sendiri untuk hasil yang lebih baik.

34. Pelajari kosakata yang Anda butuhkan untuk belajar

Terkadang Anda perlu mempelajari subjek tertentu. Anda selalu dapat memulai dengan mempelajari kosakata yang terkait dengan subjek itu sebagai cara untuk meningkatkan kosakata Anda.

35. Gunakan kamus visual

Ketika bahasa dicampur dengan grafik, pembelajaran ditingkatkan. Karena itu, temukan kamus bahasa Inggris visual untuk mempelajari kata-kata lebih cepat.

36. Buat tes kosakata Anda sendiri

Terkadang cara terbaik untuk mengetahui di mana kosakata Anda perlu ditingkatkan adalah dengan membuat tes untuk diri sendiri. Misalnya, Anda dapat mencoba menemukan seberapa luas kosakata bisnis Anda, dan memperbaiki masalah apa pun yang muncul.

37. Temukan mitra menulis

Memiliki seseorang yang Anda ajak menulis dalam bahasa Inggris dapat membuat Anda lebih termotivasi untuk meningkatkan kosakata Anda saat Anda melihat seberapa baik atau mudah orang itu menggunakan kata-kata yang mungkin menjadi tantangan bagi Anda.

38. Pelajari lokasi

Mengetahui bagaimana kata-kata harus digunakan dengan kata atau frasa lain dapat sangat meningkatkan kosa kata Anda. Jadi, gunakan kolokasi untuk meningkatkan pembelajaran kosakata Anda.

39. Gunakan cloud kata

Cloud kata membuat belajar kosa kata baru menjadi menyenangkan dengan menambahkan sisi artistik untuk itu. Jadi, belajarlah menggunakan kata cloud untuk meningkatkan pembelajaran kata-kata baru Anda.

40. Jadilah kreatif dan imajinatif saat belajar kosa kata

Mempelajari kata baru bisa terasa membosankan ketika fokus Anda hanya mengatakannya cukup untuk mengingatnya. Jadi, cobalah untuk menjadi kreatif dan gunakan cara-cara imajinatif untuk membuat proses belajar kata-kata seperti itu lebih cepat dan menyenangkan

41. Hindari membuat daftar kata acak

Daftar kata acak tidak akan membuat penguasaan kosakata baru menjadi lebih mudah. Itulah sebabnya mengapa membantu mempelajari kosa kata di sekitar satu subjek tertentu pada suatu waktu.

42. Gunakan kosakata yang Anda pelajari dengan cara Anda sendiri

Setiap orang menggunakan kata-kata tertentu dengan cara tertentu. Jadi, untuk meningkatkan kosa kata bahasa Inggris Anda, Anda harus mencoba menggunakan kata-kata ini dengan cara Anda sendiri untuk menguasainya lebih cepat.

43. Tetapkan warna yang berbeda untuk kata yang berbeda

Cobalah mengaitkan kata dengan warna. Ini meningkatkan kemampuan Anda untuk mengingat mereka di masa depan karena itu membuat belajar mereka lebih menarik.

44. Pelajari kelompok kata

Kadang-kadang mempelajari banyak kata baru bersama-sama dapat membuatnya lebih mudah diingat, terutama ketika Anda dapat menggunakan beberapa dari mereka dalam satu kalimat.

45. Jelaskan dunia di sekitar Anda

Anda dapat menguasai kosakata dan mempelajarinya lebih banyak dengan mencoba menggambarkan dunia di sekitar Anda. Jadi, coba lakukan ini sesekali, dan seiring bertambahnya kosakata Anda, Anda akan mendapati uraian Anda semakin singkat.

46. ​​Baca lebih penuh perhatian

Saat membaca, perhatikan lebih dekat kata-kata untuk memastikan Anda belajar kosakata baru. Jadi, jangan biarkan kata-kata sulit melewati Anda; sebagai gantinya, luangkan waktu untuk mempelajari apa artinya.

47. Dengarkan musik Inggris dan ikuti liriknya

Lagu-lagu dapat mengajarkan Anda banyak hal tentang suatu bahasa. Jadi, Anda selalu dapat mendengarkan musik Inggris yang luar biasa dan mengikuti lirik untuk belajar beberapa kata lagi dengan cara yang mengasyikkan. Video dengan lirik di layar sangat membantu.

48. Buat daftar kosa kata khusus

Mencoba membuat daftar kosa kata dapat menunjukkan seberapa jauh Anda telah datang, dan seberapa jauh Anda bisa mengejar kosa kata yang lebih luas.

49. Terapkan kata-kata baru yang telah Anda pelajari dalam percakapan sehari-hari

Setelah mempelajari kata baru dan artinya, gunakan pengetahuan baru untuk digunakan dengan menggunakan kata itu dalam percakapan reguler. Ini akan membuat Anda memahami konteksnya dengan lebih baik.

50. Tetapkan tujuan untuk menemukan dan mengingat kata-kata baru setiap hari

Setiap hari harus menjadi kesempatan untuk mempelajari kata-kata baru. Jadi, cobalah memiliki daftar kata-kata yang ingin Anda pelajari setiap hari.

Demikian cara menguasai kosakata bahasa Inggris, semoga bermanfaat!

Klik disini untuk membaca Cara Berbicara Bahasa Inggris dengan Fasih: 50 Tips Mudah!
Klik disini untuk membaca 10 Idiom Bahasa Inggris Beserta Arti dan Contohnya
Klik disini untuk membaca100 Contoh Kalimat Simple Present Tense Beserta penjelasannya
Klik disini untuk membaca 15 Kursus Bahasa Inggris Online Gratis

Comments

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai