Skip to main content

5 Langkah Mudah Fasih Berbahasa Inggris

 

Fasih Berbahasa Inggris dalam 5 Langkah




Menjadi fasih berbahasa Inggris bisa tampak seperti tugas yang menakutkan.
Namun, seperti dalam perjalanan, bagian tersulit adalah mengambil langkah pertama. Ikuti lima langkah mudah berikut agar bahasa Inggris Anda terdengar lebih lancar dimulai hari ini.

1. Tersenyum dan tarik napas 

Tidak peduli level tingkat berapa bahasa Inggris Anda, kepercayaan diri sangat penting. Saat Anda berbicara bahasa Inggris, tersenyum akan membuat Anda merasa lebih percaya diri. Bahkan mungkin membantu Anda mendapatkan beberapa teman baru. Pastikan Anda juga untuk mengambil napas secara perlahan saat berbicara. Jika Anda tidak bisa berkata apa-apa, cukup berhenti sejenak, tarik napas, dan Anda akan merasakan kepercayaan diri Anda kembali.

2. Hafalkan contoh dengan kosakata

Jangan hanya menghafal daftar kosakata. Pastikan untuk menyertakan contoh juga. Jika Anda menggunakan kartu flash, tulis kalimat lengkap di setiap kartu sehingga Anda tahu cara menggunakan kata-kata dalam konteksnya. Buatlah contoh menjadi berkesan semaksimal mungkin dengan cerita lucu atau gunakan sesuatu yang berhubungan dengan hidup Anda untuk membantunya melekat di benak Anda.

3. Dengarkan untuk belajar

Saat mendengarkan radio, berita, atau film berbahasa Inggris, perhatikan baik-baik apa yang Anda dengar. Simpan buku catatan untuk menuliskan frasa baru, dan cari atau tanyakan kepada guru Anda tentang apa pun yang tidak Anda pahami. Jika Anda berbicara dengan penutur asli, jangan takut untuk meminta mereka menjelaskan idiom atau ekspresi apa pun yang tidak Anda pahami. Belajar dari dunia nyata akan membuat bahasa Inggris Anda lebih relevan dan alami daripada belajar dari buku teks.

4. Latih otot mulut Anda

Bahasa Inggris mungkin menggunakan beberapa bunyi yang tidak Anda miliki dalam bahasa pertama Anda. Untuk membuat suara lebih akurat, Anda perlu mengembangkan otot di mulut dengan melatihnya. Berlatihlah berbicara dengan keras dan jelas di rumah dan rekam diri Anda sendiri untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar. Tonjolkan setiap suara saat Anda berlatih sendiri dan Anda akan merasa lebih mudah untuk berbicara dengan jelas dalam percakapan normal.

5. Tiru penutur asli

Anda dapat belajar banyak dengan meniru cara penutur asli berbicara. Pilih seseorang yang suaranya Anda suka dan temukan rekaman dari mereka yang sedang berbicara. Pilih beberapa kalimat dalam rekaman dan berlatih mengucapkannya sendiri persis seperti bunyinya dalam rekaman. Perhatikan bunyi setiap suku kata dan kata mana yang ditekankan.

Ingat, bagaimanapun Anda melatih bahasa Inggris lisan Anda, jagalah agar tetap menyenangkan dan relevan. Latih berbagai teknik dan lakukan secara teratur untuk mencapai tujuan Anda berbicara bahasa Inggris dengan lancar.

Demikian artikel yang bisa kami bagikan untuk Anda semua, semoga sebaran informasi ini dapat bermanfaat.



Comments

  1. Dirasa sulit karena tidak mau belajar, dan ketika belajar takut salah,yang paling berat tidak adanya rasa percaya diri untuk memulai....
    Coretan yang bagus ceu,sangat menginspirasi bagi semua yang mau belajar bahasa Inggris termasuk saya...👍😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimaksih kunjungannya Umi, semoga artikelnya dapat menginspirasi bagi teman-teman yang tertarik untuk memulai belajar bahasa Inggris.

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Contoh RPP Pembelajaran Berdiferensiasi

 RPP BERDIFERENSIASI Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang berpihak kepada murid. Seorang guru harus mengetahui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi agar pembelajarannya dapat terlaksana dengan sukses. Menurut Tomlinson (2001: 45), Pembelajaran Berdiferensiasi adalah usaha untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar individu setiap murid. Setelah guru mengetahui tentang strategi pembelajaran berdiferensiasi, selanjutnya guru dapat membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdiferensiasi. Apa itu RPP berdiferensiasi dan apa perbedaannya dengan RPP yang selama ini kita buat dalam Kurikulum 2013 ? RPP berdiferensiasi adalah sebuah rencana pembelajaran yang disusun berdasarkan hasil pemetaan profil belajar murid. RPP berdiferensiasi berbeda dengan RPP yang selama ini kita buat berdasarkan Kurikulum 2013. Titik perbedaannya bisa diamati dari 3 elemen dalam pembelajaran berdiferensiasi  yaitu : konten, proses, dan produk pembelajar

Jawaban dan Pembahasan Halaman 114-116 Bahasa Inggris Kelas 8 Chapter 8: What are you doing?

PRESENT CONTINUOUS TENSES Present Continuous Tense Present Continuous Tense adalah tenses yang digunakan untuk menyatakan kejadian sebagai berikut: Situasi dimana suatu kejadian tengah berlangsung sekarang.         Contoh : Mr. Tony is making design of the house. Situasi dimana suatu kejadian sudah di rencanakan dengan pasti untuk terjadi di masa depan.         Contoh : The class is going to start at 8 AM tomorrow Situasi dimana sebuah perubahan atau perkembangan sedang berlangsung untuk waktu yang lama.         Contoh : My parents is getting older. Pattern atau formula untuk present continuous tense adalah: (+) S + is/am/are + V ing (-) S + is/am/are not + Ving (?) is/ am/ are + S + Ving? NB: is untuk subject He, She, It (singular) are untuk subject you, we, they (plural) am untuk subject I. Berikut pembahasan materi Bahasa Inggris pada halaman 114-116. . Untuk melatih keterampilan speaking & listening, silahkan check pada Video Pembelajaran  dibawah ini. Related Post :  What Are

IT'S A BEAUTIFUL DAY, MATERI BAB V SEMESTER GENAP KELAS VII KURIKULUM 2013

It’s a beautiful day, Adalah tema materi Bahasa Inggris Kelas VII Semester genap  dalam Buku siswa Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang terangkum dalam Bab V dengan sub pokok bahasan memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang dan benda sesuai dengan konteks penggunaannya.    Kompetensi Dasar pembelajaran dalam bab V ini terbagi menjadi dua aspek yaitu aspek pengetahuan dan aspek keterampilan, dimana dalam aspek pengetahuan peserta didik diharapkan Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkait dengan sifat orang, binatang, benda sesuai dengan konteks penggunaannya. (Perhatikan unsur kebahasaan be, adjective ) Sedangkan dalam aspek Keterampilan peserta didik diharapkan mampu Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan  memberi dan meminta informasi terkai